Pages

Kamis, 29 Januari 2015

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Bidang Sosial Budaya



Dampak Positif dan Negatif Globalisasi
Bidang Sosial Budaya



Dampak Positif :
·        Menjunjung tinggi pelaksanaan Hak Asasi Manusia (HAM).
·        Mengadakan pertukaran pelajar antar negara.
·        Adanya rasa solidaritas sosial yang tinggi antarbangsa di berbagai negara.
·        Menumbuhkan sikap kosmopolitan (mempunyai wawasan dan pengetahuan yg luas) dan toleran.
·        Memacu untuk meningkatkan kualitas diri.
·        Perubahan tata nilai dan sikap
Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergesaran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional(dak berdasarkan akal (penalaran) yg sehat) menjadi rasional.
·        Berkembangnya ilmu
Pengetahuan dan teknologi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
·        Tingkat kehidupan yang lebih baik
Industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak Negatif :
·        Menjamurnya produksi film dan musik dalam bentuk kepingan CD atau DVD.
·        Budaya-budaya tradisional kita akan tergeser oleh budaya negara lain.
·        Erosi nilai-nilai budaya.
·        Terjadinya akulturasi budaya yang selanjutnya berkembang menjadi budaya   massa.
·        Mempercepat perubahan pola kehidupan bangsa.
·        Membuat sikap menutup diri dan berpikir sempit.
·        Lenyapnya identitas kultural nasional dan lokal.
·        Kehilangan arah sebagai bangsa yang memiliki jati diri.
·        Hilangnya semangat nasionalisme dan patriotisme.
·        Cenderung pragmatisme (kepercayaan bahwa kebenaran atau nilai suatu ajaran (paham, doktrin, gagasan, pernyataan, ucapan, dsb), bergantung pd penerapannya bagi kepentingan manusia)  dan maunya serba instant.
·        Pola hidup konsumtif
Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah.Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.
·        Sikap individualistic
Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat meraka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya.Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.
·        Gaya hidup kebarat-baratan
Tidak semua budaya barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia.Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.
·        Kesenjangan sosial
Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan.Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

8 komentar:

  1. Gaya hidup anak muda jaman sekarang memang lebih condong mengarah kebarat-baratan daripada ke jawa-jawaan. Sudah sepatutnya jika pemuda Indonesia harus memamerkan batik sebagai fashion mereka sehari hari

    Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang, sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa merawat dan menjaga budaya bangsa kita sendiri, jangan hanya batik yang kita pamerkan, namun semua hal yg berbau kebangsaan dan tanah air harus kita pamerkan

      Hapus
    2. jadi kamu sudah pakai batik setiap hari?

      Hapus
  2. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    BalasHapus
  3. solusi dr dampak tersebut apa?

    BalasHapus
  4. solusi dari dambak tersebut apa ?



    BalasHapus

 

Blogger news

Flag Counter

Blogroll

Superman

About